Connect with us

Antisipasi Konflik Agama, Airin Desak Watimpres Dirikan Polres Tangsel

Info Tangsel

Antisipasi Konflik Agama, Airin Desak Watimpres Dirikan Polres Tangsel

WatimpresTANGSELOKE.com – Kota Tangerang Selatan (Tangsel) ditantang untuk bisa menyelesaikan konflik bernuansa agama. Hal itu disampaikan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) Bidang Hubungan Antar-Agama, Masykuri Abdillah.

“Saya ingin meminta masukan dari Pemda Tangsel bagaimana menyelesaikan konflik agama. Sebagaimana diketahui Tangsel merupakan daerah penyangga Jakarta, justru sangat rawan dengan konflik bernuansa agama tadi,” ujarnya, Senin (30/6/2014).

Masykuri menambahkan, bahwa konflik bernuansa agama sangat rentan terjadi di kawasan-kawasan penyangga. Untuk itu perlu kesiapan dari masing-masing pemda setempat. Penanganan itulah, lanjut Masykuri, akan menjadi salah satu kajian dalam penanganan konflik beragama.

Konflik-konflik tersebut, jika terjadi sudah barang tentu akan memberikan dampak terhadap Jakarta yang notabene juga pusat pemerintahan nasional. Masykuri sengaja memfokuskan di Tangsel, karena dari beberapa kasus seperti terorisme, terjadi di Tangsel. “Jadi perlu langkah antisipasi beragama,” tandas Masykuri.

“Selain itu Tangsel merupakan daerah penyangga yang belum memiliki Polres sendiri.”

Walikota Tangsel, Airin Rachmy Diani meminta kepada anggota forum, khususnya Watimpres agar bisa membantu mempercepat pembentukan Polres sendiri di Tangsel. Desakan Airin tersebut direspon anggota forum yang beranggotakan para pemerhati agama, Polri, MUI, Kepala Pusat Penelitian UIN Syarif Hidayatullah Ciputat, Kesbangpol.

“Keberadaan Polres Tangsel sudah sangat mendesak,” kata Airin. Namun ia membantah jika Tangsel disebut sebagai daerah sarang teroris. Kenapa demikian, Airin tegaskan bahwa hasil pendeteksian, tidak ditemukan warga asli Tangsel yang terlibat jaringan teroris. Yang ada, lanjut Airin, adalah warga pendatang.

“Hampir semua kasus terorisme, pelaku konflik beragama, bahkan sampai sindikat narkoba pelakunya bukan warga Tangsel asli. Maka dari itu saya berharap sekali lagi dalam pertemuan ini merekomendasikan segera agar dibentuk Polres Tangsel,” tegasnya. (SM/Foto: KFZ)

Continue Reading
Advertisement
To Top