Connect with us

Ini 10 Calon Direksi PT. PTIS

Info Tangsel

Ini 10 Calon Direksi PT. PTIS

bisnis_leader_ilustrasiTANGSELOKE.com- Sebanyak 10 kandidat mulai memperebutkan kursi kepemimpinan PT. Pembangunan Investasi Tangerang Selatan (PTIS) yang akan menjadi holding company pada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) setempat.

Nama ke-10 kandidat muncul berdasarkan hasil tim seleksi (Timsel) dari Universitas Indonesia bernomor 005/11-TSBUMD/2013 tertanggal 23 Agustus 2013. Nama-nama tersebut yakni Eutik Suarta, Tengku Munzir Bey, Andi Alaudin Huduri, Budi Listyanto, M Noor Ritonga, Joko Purnomo, Andre Mulyana, Oliver Richard, William Mambu serta Sudarso.

“Dari 10 calon, nanti diseleksi lagi menjadi empat orang untuk menjabat di kursi direksi. Sebelumnya masuk 16 nama calon, diantaranya bahkan ada salah satu nama yang pernah menjabat pada satu BUMD,” terang Kepala Kantor Penanaman Modal Daerah (KPMD) Kota Tangsel, Oting Ruhiyat, Jumat (30/8).

Ditambahkan, ke-10 nama muncul setelah mereka melakukan tes tertulis dan tes psikologi yang digelar di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Kecamatan Setu, 18-19 Juli 2013. Sementara, tes kedua meliputi tes wawancara juga telah dilaksanakan di Serpong pada 26 Agustus 2013.

Hasil tes wawancara calon kandidat direktur utama, direktur keuangan, direktur operasional dan komisaris di PT. PITS sendiri, diakuinya sudah ada di meja Walikota Tangerang Selatan dan belum dapat diumumkan.

“Secepatnya kita akan mengumumkan keempat kandidat yang terpilih. Kita tunggu saja, karena penunjukan harus benar-benar tepat siapa yang pantas menduduki jabatan direksi,” imbuhnya.

Diketahui, pembentukkan struktural PT PITS yang bakal diisi empat pejabat teras ini tercantum dalam Peraturan Daerah (Perda) No 11 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Penanaman Modal. Lewat payung hukum ini, diatur bahwa pejabat direksi terpilih harus berasal dari kalangan non pegawai negeri sipil (PNS) dan partai politik.

“Keberadaan BUMD ini tidak sepenuhnya beroritentasi pada profit oriented saja, tapi juga bisa memiliki sisi sosial. Sehingga badan usaha tersebut dapat melengkapi pelayanan yang juga bisa dirasakan masyarakat dari kalangan menengah ke bawah,” tandasnya.

Di tempat terpisah, Anggota Komisi III Bidang Keuangan pada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangsel Heri Soemantri mengatakan, seleksi diharapkan dapat menghasilkan calon direksi yang dapat berkeja dengan maksimal dan mengutamakan pelayanan kepada warga. Apalagi dana penyertaan yang dikucurkan mencapai Rp80 miliar dari APBD Tangsel.

“Modal pertama Rp10 miliar akan dikucurkan setelah direksi PT. PITS terbentuk. Selanjutnya dikucurkan lagi secara bertahap hingga 2014,” papar Heri.

Dikatakannya, tiga BUMD yang harus dibentuk PT. PTIS tersebut antara lain BUMD Pasar, BUMD Air Minum, dan BUMD Perparkiran.

“Ketiga sektor ini harus jadi perhatian direksi yang akan terpilih. Disamping itu, termasuk juga penyertaan partisipasi pihak swasta dalam PT PITS harus menjadi perhatian serius direksi,” pungkasnya. (mtn/to)

Continue Reading
Advertisement
To Top