Connect with us

Stiker “Stop Pembajakan” Marak Tertempel di WTC Serpong

Info Tangsel

Stiker “Stop Pembajakan” Marak Tertempel di WTC Serpong

stop_pembajakan_foto_bantenhitscomTANGSELOKE.com- Direktorat Jenderal (Dirjen) Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) menempelkan poster “Stop Pembajakan” di sejumlah toko software dan komputer di Mall WTC Serpong, Kota Tangerang Selatan, Rabu (19/6/2013). Penempelan poster ini juga sekaligus mengajak masyarakat untuk menggunakan software asli.

Selain di toko software dan komputer, petugas HAKI yang didampingi pihak kepolisian, juga menempelkan poster “Stop Pembajakan” tersebut di beberapa gerai VCD/DVD yang ditengarai menjual barang bajakan di mall tersebut. Aktivitas jual beli VCD/DVD bajakan di tempat itu diketahui berlangsung sudah lama.

Hingga acara penempelan poster selesai, tak ada tindakan apapun yang dilakukan tim sosialisasi tersebut terhadap para penjual VCD/DVD bajakan itu.

Menurut Ditjen HAKI Salmon Pardede, pihaknya memberi batas waktu sejak sosialisasi ini kepada penjual, agar segera tidak menjual software palsu kepada masyarakat.

“Minimal 2 bulan dari sekarang, jika masih membandel, terpaksa kami tutup atau disita barang dagangannya,” tegas Salmon.

Salmo menjelaskan, aksi ini merupakan ajakan agar masyarakat dan penjual tak menggunakan atau menjual software bajakan. Aksi ini juga untuk mencegah beredar luasnya software bajakan di masyarakat.

“Gunakan yang asli, sebab (yang palsu) banyak risikonya,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, ditegaskan Salmon Pardede, jika pengguna atau penjual tetap nekat menjual atau memakai software bajakan atau palsu, pihak yang melanggar akan terkena sanksi hukum. Yakni, pasal 72 (1),(20,(3), dan UU No.19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta.

Salmon Pardede mengaku, untuk sosialisasi software anti bajakan yang hari ini dilakukan di Mall WTC, Serpong, Kota Tangsel, tidak hanya dilakukan di satu tempat, melainkan serempak di beberapa kota lainnya.

“Di Bandung hari ini kami sudah lakukan penindakan tegas  bekerjasama dengan pihak kepolisian,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Salmon juga menuturkan agar masyarakat bisa menjadi konsumen cerdas dalam memilih dan mengenal software, CD/DVD asli atau palsu. Misalnya, pada kemasan, dan software asli pun kualitasnya pasti di bawah standar. (Sumber: bantenhits.com)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top