Connect with us

Ketua Bawaslu Ingatkan Integritas Saat Lantik 21 Anggota Panwascam Se-Tangsel

Pelantikan 21 Anggota Panwascam Se-Tangsel

Info Tangsel

Ketua Bawaslu Ingatkan Integritas Saat Lantik 21 Anggota Panwascam Se-Tangsel

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang Selatan melantik 21 anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) dalam rangka persiapan Pemilu serentak 2024. Pelantikan berlangsung di Swiss-Belhotel, BSD Serpong, Jumat (24/05/24).

Ketua Bawaslu Kota Tangsel, Muhamad Acep.

Ketua Bawaslu Kota Tangerang Selatan, Acep, mengingatkan bahwa seluruh anggota Panwascam yang terpilih harus mampu bersinergi dengan PPK dan memiliki kapasitas serta kapabilitas di atas rata-rata.

“Panwascam harus lebih memahami regulasi. Jika PPK menguasai PKPU, Panwascam harus memahami UU Pilkada, UU Netralitas ASN, serta aturan dari KPU dan Bawaslu. Panwascam juga diawasi pihak lain, maka harus tegak lurus dan menjaga integritas,” ujar Acep dalam sambutannya.

Komisioner Bawaslu Provinsi Banten, Badrul Munir.

Di tempat yang sama, Komisioner Bawaslu Provinsi Banten, Badrul Munir, menjelaskan bahwa tugas pengawas pemilu sangat luar biasa dan sensitif.

“Panitia pengawas harus bisa mengawasi calon kepala daerah, netralitas ASN, dan mampu berperan sebagai intelijen dan reskrim, termasuk olah TKP. Mereka juga harus mengadili sengketa dan menjaga profesionalisme serta integritas,” kata Badrul Munir.

Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie

Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie, menekankan pentingnya peran Panwascam dalam memastikan transparansi, kejujuran, dan keadilan dalam setiap tahapan pemilu.

“Saya mengapresiasi dedikasi dan komitmen anggota Panwascam yang dilantik. Semoga dapat bekerja dengan baik dan profesional,” ujarnya.

Ketua KPU Kota Tangerang Selatan, M. Taufik, menegaskan pentingnya sinergi antara Bawaslu dan KPU dalam mengawal Pilkada Gubernur dan Walikota menuju Pilkada yang damai.

“Kami telah melantik PPK se-Kota Tangerang Selatan di Hotel Grenzuri. Kami akan bersinergi dengan Bawaslu, PPK dengan Panwascam, untuk mengawal Pilkada sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing,” pungkas Taufik.

Pelantikan ini turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Tangsel, Bambang Noertjahjo; Ketua DPRD Tangsel, Abdul Rasyid; Asda 1, Chaeruddin; seluruh Camat se-Kota Tangerang Selatan; serta jajaran aparat penegak hukum dari Polres, Dandim 0506, dan Kejaksaan Negeri Tangsel.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top