Connect with us

Raih Akreditasi Nasional Ketiga, Eka Hospital BSD Kedepankan Pelayanan Bermutu

Kesehatan

Raih Akreditasi Nasional Ketiga, Eka Hospital BSD Kedepankan Pelayanan Bermutu

eka_hospital18.143.23.153- Eka Hospital BSD kembali meraih akreditasi nasional tingkat paripurna untuk ketiga kalinya. Proses akreditasi dilakukan langsung oleh tim surveyor nasional dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Akreditasi ini merupakan wujud upaya pihak rumah sakit yang berada di kawasan BSD City dalam memberikan layanan kesehatan yang terbaik.

Direktur Eka Hospital BSD dr. Johny Nurdin, mengungkapkan, pihaknya selalu berusaha mengedepankan pelayanan bermutu sesuai dengan visi dan misinya. Hal itu dilakukan sejak didirikan pada tahun 2008, dengan misi butir pertama dan kedua, yaitu mengutamakan keselamatan dan kenyamanan pasien serta menerapkan standar layanan medis yang terbaik.

“Tidak hanya mengacu pada standar layanan akreditasi nasional, pelayanan kesehatan Eka Hospital juga telah 2 kali memperoleh akreditasi tingkat internasional yang diterbitkan oleh Joint Commission International (JCI),” katanya di BSD City, Tangsel.

Menurutnya, dalam upaya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit, wajib dilakukan akreditasi secara berkala minimal 3 tahun sekali, sesuai dengan UU No. 44 Tahun 2009, Pasal 40 ayat (1), yang mengatur bahwa, standar akreditasi yang dijalani selain sebagian besar mengacu pada sistem JCI, juga dilengkapi dengan muatan lokal berupa program prioritas nasional yang berupa program Millenium Development Goals (MDG’s) meliputi PONEK, HIV dan TB DOTS dan standar-standar yang berlaku di Kementerian Kesehatan RI.

Akreditasi rumah sakit di Indonesia telah dilaksanakan sejak tahun 1995, dimulai untuk 5 pelayanan, kemudian pada tahun 1998 berkembang menjadi 12 pelayanan dan pada tahun 2002 menjadi 16 pelayanan. Namun sejak tahun 2012, KARS menggunakan standar yang mengacu pada standar JCI, dengan standar kelulusan: Dasar, Madya, Utama dan Paripurna.

Akreditasi Rumah Sakit juga bertujuan untuk memotivasi setiap layanan kesehatan di Indonesia dalam peningkatan  mutu pelayanan yang  sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Jika mutu rumah sakit di tanah air sudah baik, diharapkan kepercayaan masyarakat semakin meningkat dan semakin yakin untuk menjalani pengobatan di dalam negeri. (source via sp.beritasatu.com)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top