Connect with us

Lulusan SMK di Tangsel Punya Peluang Besar di Dunia Kerja

Info SKPD

Lulusan SMK di Tangsel Punya Peluang Besar di Dunia Kerja

smk_tangsel_0118.143.23.153- Indikator dari pengentasan kemiskinan salah satunya adalah minimnya tingkat pengangguran dan terbukanya lapangan pekerjaan cukup bagi masyarakat. Rupanya poin tersebut mulai dijalankan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sejak dini lewat program reqruitmen tenaga kerja bersama pihak swasta yang menyasar murid SMK.

Sudah beberapa tahun belakangan, program demikian dijalankan SMKN 2 Pondok Aren, Kota Tangsel. Tidak hanya itu, setiap murid juga bisa mendapatkan kartu kuning untuk bekal mencari pekerjaan di lapangan yang kepengurusannya dilakukan oleh sekolah.

Kepala Sekolah SMKN 2, Ambiar mengutarakan, pada dasarnya beda SMK dengan SMA yakni lebih menitik beratkan pembentukan sumber daya manusia yang siap berkompetisi di dunia kerja. Secara khusus, upaya yang dilakukan pihak sekolah dengan menggandeng dunia usaha dan industri. Tujuannya, supaya peserta didik yang telah rampung menimba ilmu di sekolah dapat terakomodir.

“Pasti ini kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Dinsosnakertrans (Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi) Kota Tangsel salah satunya dengan pembuatan kartu kuning bagi para murid. Jadi murid yang membutuhkan kartu kuning sebagai prasyarat mengajukan permohonan lebih mudah tanpa harus repot-repot datang ke kantor kecamatan,” terang Ambiar.

Terkait proporsi penyerapan SDM di dunia kerja, dijelaskannya hal itu tergantung dari permintaan dunia usaha dan industri serta hasil kompetensi lulusan murid SMK 2 maupun sekolah lainnya. Hanya ditegaskannya, jumlah murid yang tersalurkan ke dunia kerja tidak sedikit.

Dicontohkannya, tahun 2015 ada sebanyak 472 murid SMK lulusan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 60% diantaranya langsung terserap ke-20 perusahaan industri rekanan sekolah. “Jadi lebih dari separuh lebih jumlah murid tiap tahunnya langsung terserap di bursa kerja,” katanya.
smk_tangsel_02
Layanan pembuatan kartu kuning di SMK 2 Pondok Aren juga bertujuan untuk memudahkan akses alumnus sekolah mendapatkannya sebagai prasyarat masuk ke dunia kerja. “Kebutuhan pembuatan kartu kuning tiap tahunnya pasti beda-beda. Karena tidak semua perusahaan mensyaratkannya bagi calon pekerja,” jelas Nurbayu, Guru Pembimbing di SMK 2 Pondok Aren.

Beroperasinya pembuatan kartu kuning sudah berlangsung sejak dua tahun lalu, berbarengan dengan program BKK yang digagas SMK 2 Pondok Aren bersama pemerintah daerah setempat, jadi dalam hal ini, pihak sekolah sudah mempersiapkan sejak dini segala pembekalan secara khusus dan umum terhadap para lulusan yang ingin langsung masuk ke bursa kerja.

“Sebenarnya untuk kartu kuning biasanya dibuat di kantor Disnaker atau Kecamatan. Tapi kalau memang bisa, kenapa kita tidak ikut bantu pemerintah daerah. Jika lulusan sekolah dapat memperoleh akses mudah dan keterampilan cukup untuk masuk ke dunia kerja, maka pengangguran terhindari dan angka kemiskinan dapat terus ditekan,” ujarnya.
Adanya Bursa Kerja Khusus (BKK) sebagai ajang penyaluran kompetensi para peserta didik lokal sewaktu menimba ilmu di sekolah. Terakhir, untuk program demikian kerjasama dilakukan bersama PT Astra dan Honda Mobil.

“Kerjasama dengan perusahaan untuk BKK bisa saja tiap tahun berubah. Itu tergantung pihak luar yang bersedia dan kebutuhan,” ucapnya.
Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Tangsel, Purnama Wijaya mengatakan, program peningkatan kesempatan kerja untuk menekan angka pengangguran yang ada. Sampai saat ini, tercatat angka pengangguran di Kota Tangsel ada dikisaran 47 ribu orang.

“Teknisnya ya itu, kita gandeng sebanyak mungkin perusahaan paling utama yang ada di Tangsel untuk mempekerjakan lulusan SMK. Program peningkatan kerja siap pakai ini bekerjasama dengan SMK 2. Tujuannya untuk menjembatani lulusan SMK yang ingin terjun ke dunia kerja,” paparnya.

Di satu sisi, keuntungan saat ini adalah banyak investor yang ingin bekerjasama dengan Pemerintah Kota Tangsel dengan pertimbangan nyamannya iklim investasi di kota hasil pemekaran Kabupaten Tangerang tersebut. Diungkapkan Purnama, program peningkatan kerja merupakan salah satu program prioritas tahun ini.

“Seperti imbauan bu Wali Kota (Airin Rachmi Diany) dan pak Wakil (Benyamin Davnie), bahwa program pengentasan kemiskinan menjadi prioritas tahun ini. Salah satunya kita realisasikan lewat kegiatan yang sudah dan sedang berjalan. Mudah-mudahan angka pengangguran dapat terus ditekan, sehingga terkorelasi pada penanggulangan kemiskinan,” pungkasnya. (adv)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top