Connect with us

SIMRAL Menjamin Transparansi dan Akuntabilitas Pemkot Tangsel

Info SKPD

SIMRAL Menjamin Transparansi dan Akuntabilitas Pemkot Tangsel

tablet_ilustrasi18.143.23.153- Bagian Pengelola Teknologi Informasi (BPTI) Kota Tangsel menggagas terobosan inovatif berbasis teknologi informatika terkini yaitu, aplikasi Sistem Informasi, Penganggaran dan Laporan (SIMRAL) guna memproses perencanaan akutansi dan pelaporan keuangan di tiap Satuan Perangkat Daerah (SKPD).

Wawang Kusdaya Kepala Bidang Anggaran, Dinas Pendapatan Pengolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) mengapresiasi dan mengakui bahwa inovasi yang akan dikembangkan ini dapat membantu setiap penggunanya dalam menyelesaikan tugas.

“SIMRAL ini inovasi terbaru yang dibuat BPTI. Dan, saya sebagai user ancungkan jempol buat Tangsel yang menerapkannya. Beda jauh dengan daerah pendahulunya Surabaya, yang dirancang di Tangsel lebih praktis dan modern,” ungkap Wawang Kusdaya, (14/12).

Kepala BPTI Aplahmunnajat mengakui, bila dirinya mengadopsi sistem ini setelah study banding dari Kota Pekalongan dan Surabaya. Sistem ini, kata dia,  dapat menjamin transparansi serta akuntabilitas bagi 37 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam menggunakan kas daerah.

“Jadi jumlah setiap nilai PAD dari sektor pajak akan mudah dipantau,” terangnya.

Aplah menjelaskan, sebelum digulirkan tentu pihaknya telah memberikan sosialisasi dan bimbingan teknis terkait metode serta alur proses tahapannya. Dirinya menjamin pejabat atau SKPD akan sulit memanipulasi data, dan menggunakan kas daerah.

Sebab, dalam penggunaan aplikasi Simral  ini pihaknya turut menggandeng Badan Pengkajian dan Pengerapan Teknologi (BPPT). (tn/k6/to)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top