Connect with us

Pengusaha Kecil di Tangsel Keluhkan Sistem Pembayaran Toko Modern

Serpong

Pengusaha Kecil di Tangsel Keluhkan Sistem Pembayaran Toko Modern

pusat_oleh_oleh_tangsel_0318.143.23.153- Seiring menjamurnya sejumlah toko modern, pusat pembelanjaan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), membuat hubungan antara para pelaku usaha kecil Menengah (UKM) terkadang menjadi kurang  harmonis karena terjadinya persaingan usaha yang tidak fair.

Dorongan Pemkot Tangsel bagi para pelaku usaha kecil menengah (UKM) sangat penting. Sehingga warga tidak kesulitan menjual produk buatan mereka kepada konsumen. Sebelumnya, kendala pembayaran pernah dikeluhkan warga pelaku UKM, Dadah Rosadah selaku kader penggerak PKK dan pengurus Koperasi di kelurahan Kedaung, Kecamatan Pamulang.

“Kami pernah coba menjalin kerjasama dengan beberapa toko modern, hanya saja pembayarannya ternyata menunggu satu bulan,” kata Dadah kepada TRM.

Karena kendala tersebut, akhirnya Dadah yang juga ketua Posdaya Cucak Rawa Kedaung itu, melakukan terobosan lain, yakni menjajakan dagangan para kadernya melaui pengajian di majelis ta’lim. “Di Majelis ta’lim lebih cepat modal berputar, ketimbang di jual ditoko-toko modern,” paparnya.

Terpisah, dijelaskan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop dan UKM) Kota Tangsel, Warman Syanudin, bagi warga yang hendak bekerjasama dengan pihak pengusaha toko modern ataupun super market , Dinkop Tangsel  siap untuk membantu  memfasilitasi mereka agar mendapatkan kemudahan.

“Kami siap memberikan surat pengantar, jika ada warga yang hendak bekerjasama dengan supermarket ataupun toko modern dalam menjualkan produk dagangannya,” Kata Warman.

Biasanya kata Kadis, jika sudah membangun kemitraan, system pembayaran akan dilakukan paling lambat setiap pekan. Dan seluruhnya akan dibayarkan meski makanan tersebut belum habis terjual. Namun, bagi para pelaku usaha yang ingin menjalin kerjasama tentunya harus benar-benar  jelas kandungan pada produk makanan yang dijualnya.

“Kebetulan sudah ada beberapa pelaku usaha yang telah menjalin kerjasama dengan toko modern melalui  bantuan Dinas koperasi, dan berjalan lancar,” pungkasnya. (tr/to)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top