Connect with us

6 Kiat Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Properti

6 Kiat Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

rumah_aman_ilustrasi18.143.23.153- JAKARTA–Kepolisian Daerah Metro Jaya memberikan kiatnya agar rumah aman saat ditinggal mudik ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran.

Dikutip dari laman Polda Metro Jaya, Sabtu (19/7/2014), berikut tips meninggalkan rumah saat mudik:

1. Hindari hal-hal yang dapat menunjukkan bahwa rumah sedang kosong agar tidak menarik perhatian pelaku kejahatan. Misalnya, jika berlangganan koran, dengan meminta loper koran untuk tidak mengirimkan koran selama mudik. Upayakan agar lampu rumah tidak dalam keadaan menyala terus selama pergi. Bila perlu, pasang lampu otomatis yang dapat mati dan menyala sendiri dengan pengaturan waktu yang diinginkan. Selain itu, bisa juga dengan meletakkan sandal atau sepatu di depan pintu rumah.

2. Selama mudik, pastikan tidak meninggalkan barang berharga seperti uang dan perhiasan di rumah. Agar lebih aman, simpan perhiasan dan uang di bank.

3. Pastikan semua pintu dan jendela rumah terkunci rapat sebelum meninggalkan rumah. Jangan meninggalkan kunci rumah cadangan di bawah pot, keset atau tempat-tempat tertentu.

4. Matikan semua listrik yang tidak digunakan untuk menghindari hubungan arus pendek yang dapat menimbulkan kebakaran.

5. Bila perlu, titipkan rumah pada orang yang dipercayakan, tetangga atau satpam perumahan. Mintalah mereka untuk mengecek keadaan rumah sesekali.

6. Bila diperlukan, pasang alarm sekuriti di rumah atau memasang kamera CCTV di beberapa titik di rumah seperti halaman rumah, ruang tamu dan ruang tidur. (bi/to)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top