Connect with us

Kesadaran Masyarakat Untuk Memiliki KTP Masih Rendah

Info Tangsel

Kesadaran Masyarakat Untuk Memiliki KTP Masih Rendah

operasi_ktp_ilustrasi18.143.23.153- Kesadaran masyarakat untuk memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), sejauh ini masih tergolong rendah. Masih banyak warga yang menyepelekan kepemilikan administrasi kependudukan tersebut, padahal kepemilikan KTP tersebut terbilang penting karena selain untuk, kepemilikan KTP juga bisa mempermudah mendapatkan pelayanan baik dari instansi pemerintah maupun swasta.

Hal tersebut terungkap saat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat melakukan razia Operasi Bina Kependudukan, Senin (16/6). Sebanyak 49 warga terjaring tidak memiliki KTP Tangerang Selatan (Tangsel) padahal banyak diantara mereka yang sudah menetap berpuluh-puluh tahun di Kota Tangsel.

“Dari 247 warga, 49 tidak memiliki KTP Tangsel,”ungkap Kepala Disdukcapil Tangsel Toto Sudarto, Senin (16/6) selepas melakukan aksi operasi bina kependudukan di Rempoa, Ciputat Timur.

Meski tak ada sanksi, toto menekankan kepada ke49 warga tersebut dihimbau untuk segera mengurus pembuatan KTP Kota Tangsel. Bukan hanya bermanfaat untuk mendapatkan segala fasilitas yang disediakan Pemkot setempat, melainkan juga untuk menjamin kepastian hukum si warga tersebut.

“Kejelasan identitas penduduk dalam suatu negara sangat diperlukan untuk menjamin kepastian hukum bagi penduduk, maupun untuk memudahkan pelayanan bagi masyarakat,”papar mantan Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Tangsel ini.

Toto menceritakan adanya banyak kasus yang memperlihatkan betapa pentingnya kepemilikan kartu identitas bagi seseorang. Sering terjadi seseorang yang mengalami sebuah kecelakaan ketika dilakukan pertolongan tidak dapat diidentifikasi, atau keluarganya sulit untuk dapat dihubungi karena si korban tidak memiliki kartu identitas.

Selain itu bentuk lainnya adalah apabila terjadi pemeriksaan kendaraan bermotor maka kesanggupan untuk memperlihatkan KTP akan meringankan pengendara dari kemungkinan hukuman yang diberikan atas kesalahannya.

Dilain pihak, dikatakan salah seorang warga yang tak memiliki KTP Tangsel, mengungkapkan ketidaktahuannya bagaimana cara membuat KTP di Tangsel serta ketersediaan waktunya untuk mengurus proses mutasi KTP dari daerah asalnya “Saya punya KTP tapi masih KTP daerah. Belum saya urus, karena belum sempat balik ke kampung,”ungkap warga yang enggan disebutkan namanya tersebut. (source via satelitnews.co.id)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top