Published On: Fri, Jun 8th, 2012

DBMSDA: Usulan Masyarakat di Akomodir Berdasarkan Skala Prioritas

Sebagai salah satu bentuk aplikasi dari keterbukaan informasi publik, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBM-SDA) Kota Tangerang Selatan menggelar sosialisasi program dan launching kegiatan fisik TA. 2012 yang dilaksanakan awal juni 2012. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas DBMSDA Kota Tangerang Selatan – Hj. Retno Prawati yang bertempat di Telaga Sea Food, Serpong Kota Tangerang Selatan, Senin (28/5). Sosialisasi diikuti oleh Pejabat di Tingkat Kecamatan, Kelurahan dan tokoh masyarakat serta Polsek se-Kota Tangerang Selatan.

Kegiatan ini  merupakan salah satu agenda tahunan dalam rangka mengkomunikasikan program dan kegiatan yang ada di lingkungan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Tangerang Selatan. “Selain itu juga menjadi sarana silaturahmi dengan para pejabat di lingkungan Kecamatan, Kelurahan, tokoh masyarakat serta pihak-pihak yang memiliki kepentingan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Tangerang Selatan”, ungkap Kepala Bidang Manfaat DBMSDA Kota Tangerang Selatan yang biasa dipanggil dengan sapaan akrab Yudi, Selasa (29/5) pagi.

Sementara itu Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Tangerang Selatan – Hj. Retno Prawati yang didampingi unsur pejabat dari DBMSDA secara garis besar memaparkan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan sesuai dengan rencana kerja (renja) DBMSDA tahun 2012, serta menyampaikan kemajuan pembangunan infrastruktur Kota Tangerang Selatan. Merupakan hal yang lumrah jika dalam sosialisasi program dan kegiatan ini, masyarakat mempertanyakan usulan yang masih belum terakomodir dalam program dan kegiatan di SKPD teknis khususnya di Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Tangerang Selatan. Karenanya dalam kesempatan sosialisasi ini, Kepala DBMSDA Tangerang Selatan – Hj. Retno Prawati, mengharapkan agar masyarakat dapat bersabar.

Menurutnya dengan anggaran yang ada, belum semua usulan dari masyarakat yang ditampung melalui musyawarah pembangunan dapat terakomodir dalam program dan kegiatan  khususnya di DBMSDA Kota Tangerang Selatan. Dengan kondisi yang demikian maka program dan kegiatan  pembangunan yang disusun harus berdasarkan skala prioritas. Secara bertahap usulan-usulan dari masyarakat tersebut akan diupayakan untuk dapat diakomodir dan dilaksanakan pada tahun selanjutnya.

Retno juga menjelaskan bahwa maksud dan tujuan dilaksanakannya sosialisasi Program dan Kegiatan di lingkungan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air ini yaitu sebagai media transparansi dan akuntabilitas publik sebagai wujud nyata dilakukannya pembangunan infrastruktur di wilayah Kota Tangerang Selatan. “Sehingga masyarakat dapat mengetahui tentang  pembangunan infrastruktur di Kota Tangerang Selatan dan juga sebagai acuan masyarakat untuk dapat melakukan fungsi kontrol terhadap pelaksanaan pembangunan infrastruktur tersebut, “jelasnya.

Petualangan Icha