Connect with us

Stasiun Direvitalisasi Menjadi Kawasan Bisnis

Serpong

Stasiun Direvitalisasi Menjadi Kawasan Bisnis

Rencana revitalisasi tiga stasiun kereta api di Kota Tangerang Selatan, yakni Stasiun Jurang Mangu di Pondok Aren, Sudimara (Ciputat), dan Rawa Buntu (Serpong) akan segera direalisasikan. Langkah itu dilakukan untuk mengubah stasiun itu menjadi kawasan bisnis.

Revitalisasi tersebut akan dilakukan secara bertahap, diprioritaskan untuk Stasiun Jurang Mangu dan Rawa Buntu pada tahun ini. “Akan dirombak menjadi kawasan bisnis dengan bangunan yang lebih modern dan fasilitas yang lengkap,” kata Kepala Pusat Aset Non Produksi PT Kereta Api Indonesia Edi Harjono, Kamis (3/4/2012) di Serpong.

Menurut Edi, sudah ada maket untuk revitalisasi ini dan direncanakan untuk Design Engineering Detail (DED). Revitalisasi ini dimaksudkan untuk mendukung rencana Pemerintah Kota Tangerang Selatan untuk mengubah pola hidup masyarakat agar mau menggunakan alat transportasi kereta api.

Stasiun tersebut nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas park and ride yang lebih luas. Lahan parkir yang ada saat ini akan diperluas hingga tiga sampai empat kali lipat. “Perluasan lahan parkir nanti akan muat ratusan mobil dan motor di situ. Perluasan bertahap, tahun ini tiga sampai empat kali lipat dulu,” kata Edi.

Mengingat banyaknya pengguna sepeda di daerah Serpong, dalam revitalisasi nanti juga telah dipikirkan untuk area parkir khusus sepeda di stasiun. Sumber: kompas.com

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top