Connect with us

Berbuka Puasa di Tempat Kuliner Serpong

Info Tangsel

Berbuka Puasa di Tempat Kuliner Serpong

kuliner_serpong_ilustrasi18.143.23.153Selama beberapa tahun terakhir, Serpong, Tangerang Selatan, terus berkembang dan telah menjelma menjadi salah satu ‘surga’ kuliner di pinggiran Jakarta. Pesatnya perkembangan permukiman di kawasan seperti Serpong dan Pamulang membuat usaha restoran atau warung makan menjamur.

Tidak hanya menawarkan aneka makanan dengan cita rasa berbeda, suasana yang diciptakan pun memiliki ciri khas tersendiri. Tiga kawasan emas kuliner Serpong, yaitu kawasan Alam Sutera, Gading Serpong, dan Bumi Serpong Damai, menjadi pilihan favorit keluarga untuk berbuka puasa selama Ramadhan ini.

Restoran bukan hanya terdapat di pusat perbelanjaan, seperti Pasar Modern BSD, Mal Teras Kota, dan Living World Alam Sutera, melainkan juga banyak terdapat di pinggir jalan utama di kota itu. Lihatlah misalnya di sepanjang Jalan Victor atau Buaran dan Jalan Raya Serpong, mulai dari Taman Tekno hingga Alam Sutera.

Di sepanjang jalan itu, beragam restoran menawarkan aneka masakan yang menggugah selera dengan penyajian suasana berbeda, seperti Remaja Kuring, Pecel Madiun, Raja Kepiting, Telaga Seafood, Pondok Kemangi, dan Gado-Gado Boplo.

Jika ingin berbuka puasa di kawasan Alam Sutera, cobalah ke pusat kuliner Flavor Bliss di Jalan Alam Sutera Boulevard, Serpong. Dari sekian banyak pilihan tempat makan di kawasan itu, cobalah Warung Rawit.

Bau harum khas acar sayur tercium dari gurami acar. Rasa manis, asam, dan gurih dari kemiri bisa membuat lidah ingin segera mencicipi masakan ini. Penampilan menu ini semakin menarik karena kuah warna kuning dari kunyit yang dimasak bersama gurami goreng.

Sebagai pemanis dan penambah selera makan, ikan gurami itu diberi hiasan sayur acar terdiri dari potongan mentimun, wortel, dan cabai besar.

Nikmati juga sajian kakap asam pedas. Sesuai namanya, kuah menu ini berwarna kemerahan, rasanya asam dan pedas sedikit manis. Aroma wangi tercium dari asap yang mengepul tipis saat masakan datang karena menunya berani bermain dengan bawang putih.

Yang tidak suka dengan asam dan pedas, nikmati semangkok sup ikan kakap sayur asin. Potongan jahe membuat sup ini terasa segar dan hangat.

Menu ayam

Tidak suka ikan? Pesanlah menu ayam pandan. Daging ayam yang sudah dibumbui digoreng bersama daun pandan.

Sebagai pelengkap makanan ini, nikmatilah es campur batok kelapa. Es campur ini dimasukkan dalam separuh batok kelapa dengan daging kelapa melekat di batoknya. Sebagai pemanis rasa dan tampilan, es ditambah susu kental manis, sirup merah, dan buah cerry.

Jika ingin merasakan kesejukan selepas puasa dan kepanasan di tengah keriuhan kota, ada restoran yang menawarkan keteduhan dengan balutan tradisi Nusantara. Sesuai namanya, Restoran Taman Sejuk menawarkan kesejukan dan kekhasan sajiannya.

Restoran ini terletak di Jalan Rawabuntu, sekitar 150 meter dari gerbang Perumahan De Latinos BSD atau sekitar 400 meter dari Stasiun Rawabuntu ke arah Taman Tekno. Saat masuk ke restoran ini, gerbang masuknya yang unik terlihat mencolok. Ada berbagai ornamen terpasang, campuran dari berbagai budaya Nusantara.

Ornamen ala Bali, Sunda, dan Jawa terlihat di sejumlah tempat. Iringan lagu berirama Sunda dan gending Jawa terdengar mengalun saat melewati pintu gerbang masuk ke dalam gazebo atau saung restoran. Suasana restoran itu terasa begitu sejuk diteduhi rimbunnya pohon-pohon berukuran besar.

Pengelola total memanfaatkan suasana hutan itu. Mereka memanfaatkan pohon-pohon besar itu sebagai tiang tempat berdirinya saung. Mereka tidak memakai tiang besi ataupun beton untuk bangunan saung. Salah satu yang menarik adalah sebuah lorong yang menghubungkan halaman tengah dengan kafe di dalam restoran itu. Lorong itu dibangun dengan menggunakan bambu-bambu menyerupai sebuah terowongan atau gua. Temaram lampu menambah suasana sejuk saat melintasi lorong itu.

Manajer Operasional Restoran Taman Sejuk Dian Ardiansyah mengatakan, restoran ini dikonsep kembali ke alam dengan memadukan berbagai budaya Indonesia. Bukan hanya pada sisi ornamen, melainkan juga pada penyajian sejumlah menu makanan. Namun, tentu saja bukan hanya kesejukan yang ingin disajikan restoran ini. Restoran yang berdiri pada April 2012 itu memiliki menu andalan yang bisa ‘menyejukkan’ perut yang lapar saat berbuka puasa.

“Kami menyajikan dua jenis, yakni seafood dan masakan tradisional Indonesia,” ujar Dian. Menu andalan, di antaranya, kepiting jantan, udang telur asin, gulai kakap merah, kangkung hotplate spesial, dan ikan kue bakar dabu-dabu.

Selain itu, juga ada pilihan jika ingin merasakan sensasi makanan unik. Restoran ini menyajikan cumi goreng 5 meter dan ikan bakar 5 meter.

“Makanan ini disajikan dalam bambu panjang, bisa 1 meter atau 2 meter. Bambu dibelah kemudian makanan disajikan di dalamnya,” ujar Dian. Menu lain tinggal pilih, mulai dari berbagai sop seperti sop iga sapi, daging sapi lada hitam, hingga menu tradisional, misalnya pecel, tempe mendoan, tahu lotek, dan tahu telur.

Hijaunya taman

Ingin merasakan nuansa lain saat berbuka? Berkunjunglah ke Taman Santap Rumah Kayu di Jalan Ki Hajar Dewantara, Gading Serpong. Lokasinya bersebelahan dengan Sekolah Pahoa.Selain menikmati lezatnya masakan ala Sunda, Anda dan keluarga bisa menikmati sejuk dan segarnya taman hijau dan kolam.Restoran yang beroperasi sejak akhir tahun 2011 itu mengusung konsep pleasant, always green dengan moto go green.

Pengunjung bebas memilih saung lesehan atau saung dengan meja kursi. Setelah itu, tentukan menu. Ada kepiting jantan saus padang atau lada hitam dengan ukuran jumbo.

Nikmatilah gurami saus mangga. Ikan gurami dipotong ukuran kecil dan goreng tepung terlebih dahulu. Selanjutnya disiram saus mangga. Yummy, asam, manis, dan sedikit pedas dengan ikan yang garing.

Ada juga ikan asin jambal. Bagi penggemar ikan asin, menu yang satu ini enggak boleh terlewatkan. Ikan asin jambal digoreng dan selanjutnya ditumis dalam sambal balado yang tak terlalu pedas. Sudah pasti enak.

Cobalah menu lain, ayam kampung bakar. Daging ayamnya empuk dengan rasa yang manis. Bagi mereka yang memiliki pantangan goreng-gorengan, menu ini sangatlah cocok menjadi pilihan.

Menu pilihan lain adalah sate ayam. Daging ayam filet dipotong cukup besar untuk ukuran sate kemudian diberi bumbu dapur hingga meresap. Setelah itu, baru dibakar.

Lengkapi pesanan makanan dengan kangkung hotplate seafood. Menu ini terbuat dari sayur kangkung tumis dalam hotplate.

Ada juga pepes jamur yang terdiri dari sejumlah jenis jamur, seperti jamur kuping dan jamur tiram, dilengkapi dengan bumbu merah.

Nikmati sensasi lain di tempat ini. Anda dan keluarga bisa berfoto ria sembari menunggu makanan tersaji.

Sementara anak-anak bisa meluapkan kegembiraan di taman bermain dalam kawasan itu. Selamat menikmati kelezatan makanan serta keindahan dan kesejukan alam saat berbuka puasa…. (sumber: kompas.com)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top